Sabtu, 27 Oktober 2012

COMPUTER BASIC INFORMATION SYSTEM

Computer Based Information System (CBIS) atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut juga Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan basis komputer. Berikut penjelasan masing-masing istilah tersebut.
* Sistem
adalah sekumpulan emelem-elemen yang saling terkait atau terpadu yang dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan.
* Data
Merupakan suatu kumpulan dari suatu hal-hal atau kejadian yang kita alami. Pada dasarnya data adalah suatu bahan dasar atau informasi yang nantinya di gunakan sebagaii bahan penelitian.
* Informasi
Merupakan suatu hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.
Evolusi CBIS
Pengembangan CBIS mengikuti Life Cycle yang terdiri dari:
Siklus hidup suatu sistem bisa berlangsung beberapa bulan ataupun beberapa tahun (dalam satuan bulan atau tahun). Penentu lama dan yang bertanggung jawab atas SLC berulang ialah pemakai CBIS.
Walau banyak orang mungkin menyumbangkan keahlian khusus mereka untuk pengembangan sistem berbasis komputer, pemakailah yang bertanggung jawab atas siklus hidup sistem. Tanggung jawab untuk mengelola CBIS ditugaskan pada manajer.
Seiring berkembangnya CBIS, manajer merencanakan siklus hidup dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat. Setelah penerapan, manajer mengendalikan CBIS untuk memastikan bahwa sistem tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan. Tanggung jawab keseluruhan manajer dan dukungan tahap demi tahap yang diberikan oleh spesialis informasi digambarkan pada Gambar 1.14.
Ketika manajer memilih untuk memanfaatkan dukungan para spesialis informasi, kedua pihak bekerjasama untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah, mengidentifikasi dan mengevaluasi solusi alternatif, memilih solusi terbaik, merakit perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai, membuat basis data, dan menjaga kemutakhiran sistem.

Refrensi:
http://marlinapratiwi.blogspot.com/2008/05/computer-based-information-system-cbis.html
http://karismabening.blogspot.com/2010/12/evolusi-dari-computer-based-information.html
http://chianjell.blogspot.com/2011/12/evolusi-dari-computer-based-information.html
http://www.perpuskita.com/cbis/624/
http://sekolahtinggiilmuekonomiindonesia.wordpress.com/2011/09/
http://ikc.depsos.go.id/berseri/teguh-cbis/teguh-cbis-01.zip
http://yustus09.blogspot.com/2011/05/makalah-cbis.html
http://www.perpuskita.com/category/komputer/
http://greeaone.wordpress.com/2010/10/09/evolusi-sistem-informasi-manajemen-berdasarkan-cbis/
http://onlydirks.blogspot.com/2010/10/evolusi-cbis.html
http://sekolahtinggiilmuekonomiindonesia.wordpress.com/2011/09/17/contoh-makalah-sti/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/12/evolusi-sistem-informasi-manajemen-berdasarkan-cbis-computer-base-information-system/

NAMA   : RUTH RIO PURWOSEMBODO
4PA05 / 16509621 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar