Kamis, 15 Juli 2010

KOMITMEN

Bagi banyak orang, komitmen berarti hilangnya kebebasan, harus menderita, takut membuat keputusan yang keliru takut rugi, dan banyak hal negatif lainnya.

Untuk bisa memiliki hubungan yang sukses dengan orang lain kita harus tahu ciri komitmen manusia, contohnya kita harus tahu bahwa komitmen tidak begitu berkaitan dengan pikiran, perasaan, hasrat, dan opini kita.. komitmen bukanlah suatu kemampuan yang misterius, bukan seperti "kekuatan kehendak" atau "disiplin diri" yang dimilki orang tertentu saja.

Komitmen sejati adalah kita yang memelihara janji kita tanpa peduli keadaan kita. Ini berarti sebuah janji tanpa syarat untuk hidup secara konsisten dengan ucapan kita. Ini adalah keputusan untuk selalu bangkit melampaui pikiran, perasaan, suasana hati, dan situasi; dan ini berarti menangani masalah atau konflik apapun dengan cara yang membangun, dan bukannya menghancurkan, kualitas hubungan kita.

Sebagai contoh, dua orang bisa berinteraksi selama beberapa waktu, tetapi jika merasa tidak punya komitmen yang tersirat atau tersurat satu sama lain, maka mereka tidak membangun sebuah hubungan. Ketika komitmen dari salah satu atau keduanya lenyap, hubungan itu akan lenyap pula, walau orangnya msih bersama-sama.

Alasan mengapa komitmen begitu penting bagi kita adalah karena pada hakikatnya di sanalah semua hubungan kita dibangun. Sebuah hubungan adalah sebuah proses yang mengalir dari janji setiap orang yang terlibat. Ini tidak mengalir dari pikiran, perasaan, kebutuhan, atau hasrat, meski semua itu penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar