Jumat, 09 Juli 2010

Evaluasi Diri


Setiap orang, apakah mahasiswa atau karyawan akan diminta untuk menulis makalah tentang evaluasi diri. Namun, banyak mungkin tidak tahu cara yang benar untuk lanjut tentang hal ini. Jika Anda menghadapi dilema yang sama, berikut adalah beberapa tips untuk menulis evaluasi diri.

Apa Evaluasi Diri?

Evaluasi diri dapat dijelaskan sebagai proses dimana seseorang untuk menilai dirinya sendiri. Siswa, setelah menyelesaikan program studi tertentu akan diminta untuk menilai berapa banyak yang telah mereka pelajari selama periode tersebut. Bahkan karyawan diharapkan untuk menulis evaluasi diri untuk mendapatkan promosi atau kenaikan gaji. Dalam evaluasi diri, salah satu yang dibutuhkan untuk berbicara tentang pekerjaan yang mereka lakukan dan prestasi mereka. Adalah penting bahwa evaluasi diri merupakan refleksi jujur dari apa yang telah Anda lakukan bagi perusahaan. Tetapi banyak orang tidak nyaman tentang menulis evaluasi diri karena mereka merasa bahwa mereka membual tentang diri mereka sendiri. Meskipun evaluasi diri tidak boleh tampak seperti membual tentang diri sendiri, seseorang harus benar-benar memanjakan diri dalam pujian untuk batas tertentu. Ini perbedaan utama dari menulis artikel adalah bahwa semua fakta dan pengamatan adalah tentang diri Anda, sedangkan di artikel Anda mengambil informasi dari sumber lainnya

Cara Menulis Evaluasi Diri?
  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat konsep kasar prestasi Anda. Pada secarik kertas, membuat beberapa kolom dan pada pertama menulis tentang semua proyek yang telah dilakukan. Di kolom lain, menyebutkan apa yang Anda telah berkontribusi terhadap masing-masing dari mereka. Dalam kolom sebelahnya, menulis tentang jenis reaksi dan umpan balik yang Anda terima untuk setiap proyek dari atasan Anda. Ini akan menjadi dasar penghargaan diri Anda. Juga, menyebutkan beberapa penghargaan khusus Anda punya untuk setiap proyek. Setelah Anda melakukan ini, mulai menggabungkan semua kolom untuk datang dengan kalimat yang tepat. Anda pasti akan merasa mudah untuk menulis evaluasi diri Anda dengan cara ini.
  • Berikutnya hal yang harus Anda tulis tentang keterampilan yang telah dikembangkan saat bekerja di perusahaan. Anda Sebutkan kualifikasi pendidikan dan juga ada pelatihan khusus yang Anda telah mengalami untuk sebuah proyek tertentu. Menulis tentang bagaimana keterampilan ini membantu Anda dalam berbagai proyek dan juga tentang keterampilan yang Anda dapatkan saat bekerja pada proyek ini. Siswa yang menulis evaluasi diri setelah menyelesaikan kursus harus menulis tentang apakah kursus membantu mereka dalam memperoleh pengetahuan lebih banyak dan dalam pengembangan keterampilan penting tertentu.
  • Ketika Anda menulis evaluasi diri, jangan hanya bicara tentang keahlian Anda, tapi juga menyebutkan tentang bagaimana pekerjaan Anda telah mendapatkan manfaat perusahaan. Selain ini, Anda juga harus menyebutkan tentang pekerjaan yang telah Anda lakukan di luar tugas dan tanggung jawab yang sebenarnya. Hal ini juga perlu untuk berbicara tentang perubahan yang terjadi dalam perusahaan karena kerja yang dilakukan oleh Anda.
  • Dalam evaluasi diri Anda, juga penting untuk berbicara tentang rencana masa depan Anda dan tujuan. Menulis tentang apa yang Anda rencanakan untuk dirimu di masa depan datang dan tidak hanya tentang bagaimana hal itu akan meningkatkan kemajuan Anda, tetapi juga kemajuan perusahaan.
  • Siswa diminta untuk menulis evaluasi diri harus bicara tentang bagaimana pengetahuan itu telah mereka peroleh selama kursus akan diterapkan oleh mereka dalam kehidupan sehari-hari. Mereka juga harus menyebutkan rencana masa depan mereka dan apa yang menurut mereka harus menjadi tujuan berikutnya mereka atau keahlian yang mereka miliki untuk berkembang.
  • Satu hal yang sangat penting bahwa orang-orang menulis evaluasi diri harus ingat, adalah bahwa meskipun memuji diri diperlukan, jangan berbohong tentang apa-apa. Ada orang yang memiliki kebiasaan melebih-lebihkan tentang diri mereka sendiri. Namun, ini harus tegas dihindari dan satu harus menulis hanya apa yang benar.
  • Setelah Anda selesai menulis draft kasar, membacanya sekali untuk melihat apakah sesuatu harus dimasukkan atau dihapus dari konten. Memastikan bahwa evaluasi diri Anda tidak berjalan ke halaman, bukan ti harus hanya halaman. Setelah Anda menulis ulang seluruh hal lagi, mintalah salah satu teman Anda atau kolega untuk membaca dan memberikan umpan balik yang benar tentang apakah evaluasi diri tampak asli dan relevan.
Menulis evaluasi diri merupakan tugas penting, lebih jadi jika memiliki kemampuan untuk mempengaruhi Anda pengembangan karir . Jangan terburu-buru atas evaluasi diri Anda untuk menyelesaikannya secepat mungkin. Anda harus mengambil waktu yang cukup (minimal seminggu) untuk menyelesaikan semuanya. evaluasi diri Anda harus mencerminkan kemajuan Anda dan prestasi dengan cara jujur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar